Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meriahnya YIS Olympic Day 2024

 

Materi YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)

Setelah beberapa waktu, akhirnya saya dapat berkesempatan untuk kembali berkunjung ke YIS, atau Yogyakarta Independent School, yang merupakan salah satu sekolah dengan lingkungan yang asri dan sejuk di Yogyakarta, yang tepatnya berlokasi di Jalan Tegal Mlati No.1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tepatnya pada hari Kamis, 20 Juni 2024, saya mengunjungi YIS tersebut. Karena pada hari itu saya berkunjung ke sana dalam rangka menghadiri acara YIS Olympic Day 2024. Acara tersebut diselenggarakan oleh YIS bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, keterampilan, kepemimpinan, dan kerjasama di antara para siswa, guru, dan staf sekolah YIS. Acara YIS Olympic Day ini diadakan pada setiap akhir tahun pelajaran, yakni pada sekitar bulan Juni. Dan pada hari penyelenggaraan YIS Olympic Day tersebut, tidak diadakan kegiatan belajar mengajar di kelas bagi para siswa. Nah, acara YIS Olympic Day itu bisa disamakan dengan kegiatan Class Meeting atau pertandingan antar kelas, pada sekolah pada umumnya.

Lapangan Sepakbola YIS sebagai lokasi penyelengaraan YIS Olympic Day 2024. (Istimewa)


YIS Olympic Day 2024 yang Seru dan Meriah

Oh ya, saya ajak untuk sekilas mengenal tentang sekolah ini ya. Jadi, sebagai sekolah internasional di Yogyakarta, YIS menerapkan kurikulum IB atau International Baccalaureate sebagai kurikulum pendidikan yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikannya, bagi seluruh siswa dari jenjang TK sampai SMA. Dan uniknya, di lingkungan sekolah, para siswa YIS menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam berkomunikasi dan dalam kegiatan belajar mengajar bersama para guru. Mereka juga akan berinteraksi dengan para staf sekolah juga menggunakan Bahasa Inggris. Sangat menyenangkan lho menyaksikan bagaimana para siswa-siswa yang cerdas dan ceria ini, saat berkomunikasi dengan sesama siswa, guru dan pihak sekolah lainnya.

Saat berkunjung ke lingkungan sekolah YIS ini, saya terpukau pada keramahan para staf, dan jajaran guru serta kepala sekolah. Selain itu, gedung, fasulitas penunjang, dan lingkungan sekolah YIS juga ditata secara apik dan sejuk. Ruang kelas YIS tersusun rapi dan lega. Fasilitas sekolah untuk siswa, seperti perpustakaan, laboratorium, ruang seni musik, dan sebagainya, terasa perkembangannya. Sangat modern dan nyaman. Ruang terbuka hijau di dalam area YIS, menambah poin plus bagi saya. Karena ruang terbuka hijau ini, selain dapat digunakan sebagai area olahraga luar ruangan, seperti sepakbola, bola voli, dan sebagainya, juga menimbulkan kesan asri dan sejuk. Sangat memanjakan mata. Tentunya hal ini menjadikan YIS adalah sekolah dengan suasana belajar yang nyaman bagi siswa, guru, dan para staf sekolah.

Tampak Siswa, Guru, Staf Sekolah, dan Orangtua Siswa sedang bersiap
pada pelaksanaan YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)


YIS Olympic Day ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Yang jika dikonversikan dengan kegiatan Class Meeting di sekolah umum, YIS Olympic Day ini sama-sama diselenggarakan untuk meningkatkan kerjasama tim antar siswa pada kelas yang sama, ketahanan, dan keterampilan mental untuk mengejar keunggulan untuk memenangkan suatu permainan olahraga dan aktifitas fisik, seperti misalnya pada lomba tarik tambang antar kelas. Dan sebagaimana acara Class Meeting di sekolah umum, saat penyelenggaraan YIS Olympic Day ini, tidak diselenggarakan kegiatan pelajaran rutin bagi siswa. Sebagaimana pada sekolah saya dahulu ketika di SD, SMP dan SMA, dimana penyelenggaraannya juga dilaksanakan pada saat setelah ujian semesteran (pernah juga diadakan pada awal tahun ajaran). Dan juga tentunya, pada hari penyelenggaraan Class Meeting di sekolah saya dulu, tidak ada kegiatan belajar mengajar. Yeay… sebagai siswa saat itu, tentunya suatu hal yang menyenangkan sekali bukan? Hehe.

Ibu Madeline dan Pak Mark yang berperan sebagai pemandu acara YIS Olympic Day 2024. (Istimewa)


Pada penyelenggaran YIS Olympic Day 2024 kali ini mengangkat tema Passion in Motion, dengan memadukan dua warna, yakni merah dan kuning, yang nantinya akan menjadi penanda bagi tim yang akan terbagi pada para peserta YIS Olympic Day, yang terdiri dari para siswa, guru, staf sekolah, dan tentunya para orangtua siswa. Warna merah untuk Tim Passion, melambangkan gairah dan keceriaan, sementara warna kuning untuk Tim Motion, melambangkan gerakan aktif dan energi. Kedua kombinasi warna ini menyampaikan pesan tentang gerakan yang ceria, energi, dan pengejaran keunggulan.

Pada hari Kamis, 20 Juni 2024, kembali YIS menyelenggarakan YIS Olympic Day 2024. Bapak Elia Nugraha Ekanindita –yang akrab disapa dengan nama Pak Dindit, selaku Kepala Sekolah YIS, bersama dengan jajarannya menyambut kami dengan hangat dan ramah. Dan acara ini dimulai pada jam 08:30 WIB pagi, yang diawali dengan para siswa, guru, staf dan orangtua siswa YIS yang berkumpul di area lapangan YIS yang sangat hijau dan luas. Para siswa dan orangtuanya ini memang berasal dari beragam latar belakang negara. Ada siswa yang memang berasal dari keluarga Indonesia, namun ada juga siswa dan orangtua yang berasal dari berbagai negara lain, seperti Jepang, India, Timur Tengah, Australia, UK, USA, dan sebagainya, yang kebetulan tinggal di Yogyakarta. Para siswa ini menggunakan jersey olahraga seragam YIS berwarna biru. Sementara itu, para orangtua siswa menunggui mereka di tribun olahraga, yang berada tepat di bagian timur dari area lapangan olahraga YIS.

Bapak Elia Nugraha Ekanindita atau Pak Dindit,
Kepala Sekolah YIS, yang tengah membuka
YIS Olympic Day 2024. (Istimewa)


Para siswa, guru, dan staf sekolah YIS, kemudian dibagi menjadi dua tim, yakni Tim Passion (Red) dan Tim Motion (Yellow). Yang kemudian,  para siswa dengan didampingi oleh guru dan staf sekolah siap bertanding dalam berbagai jenis perlombaan olahraga yang disesuaikan dengan tingkat usia mereka, setelah acara ini dibuka oleh Pak Dindit, dengan dipandu oleh pembawa acara Ibu Madeline dan Pak Mark -yang merupakan guru sekolah YIS.

Sebelum pertandingan dimulai, seluruh peserta melakukan pemanasan atau warming up terlebih dahulu untuk mengurangi risiko cedera olahraga. Yakni berupa peregangan yang dipimpin oleh Pak Tera, dan senam zumba yang atraktif yang dipimpin oleh Ibu Emma. Yang kemudian seluruh siswa akan dibagi berdasarkan kategori usia. Untuk siswa PYP Program (setingkat TK dan SD) bertanding pada cabang olahraga lari Sprint 30 meter, lompat katak, lempar lembing kategori anak, permainan Kanga’s Escape, dan permainan Formula One. Sedangkan siswa Secondary Program (setingkat SMP dan SMA) berlaga pada cabang olahraga lari Sprint 100 meter, lempar lembing kategori remaja, tendangan penalty ke gawang seukuran remaja, dan bola voli.

Siswa Program PYP tengah bertanding pada YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)


Pada penyelenggaraan YIS Olympic Day 2024, pihak sekolah YIS mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, dengan perencanaan yang matang, aman, dan nyaman. Setiap guru dan staf sekolah telah dikoordinasi dengan baik, dan mendapatkan tanggung jawab masing-masing pada penyelenggaraan acara ini, supaya bisa menciptakan acara yang lancar dan terkendali, serta tentunya supaya tetap dapat tepat waktu dan tepat sasaran. Peralatan dan perlengkapan olahraga disiapkan dan diatur dengan baik dan lengkap. Area lapangan sekolah  sebagai tempat penyelenggaraan acara juga telah dibersihkan dan dirapikan. Juga telah tersedia satu tim medis dari Klinik Sinduadi lengkap dengan tenaga kesehatan (dokter dan perawat) serta satu unit mobil ambulance yang siap siaga. Sangat well-prepared!

Pada saat menyaksikan permainan olahraga fisik untuk para siswa PYP Program, dimana banyak anak kecil yang menggemaskan, saya beberapa kali tertawa melihat tingkah lucu anak-anak tersebut. Gemesin….. Dan saat menyaksikan pertandingan para siswa Secondary Program, dimana para siswanya telah mengenal rasa bersaing, saya juga terbawa suasana dengan merasakan adrenalin persaingan antar tim. Keduanya seru sekali.

Siswa Program Secondary tengah berlaga pada YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)

Acara YIS Olympic Day 2024 ini berlangsung dari pukul 08:30 WIB sampai kira-kira pukul 12:00 WIB, dengan waktu jeda istirahat pada pukul 10:00 WIB. Waktu istirahat ini berdurasi 20 menit, dimanfaatkan para siswa, guru, dan staf sekolah yang menjadi peserta, untuk melepas penat dan dahaga, sembari mengisi energi kembali dengan menikmati sajian makanan ringan nan sehat (buah potong, roti bernutrisi, susu kotak, dll) yang telah disiapkan oleh staf divisi konsumsi.

Setelah waktu istirahat selesai, YIS Olympic Day 2024 kembali dimulai dengan diadakannya perlombaan lari balap karung bagi para siswa PYP Program. Dan disusul dengan puncak keseruannya, yang adalah Tarik Tambang (Tug of War) bagi seluruh peserta, baik itu dari siswa, guru, dan staf sekolah, yang juga ditambah dengan orangtua siswa yang ikut bergabung pada dua tim tersebut, yakni Tim Passion dan Tim Motion.

Tarik Tambang menjadi puncak YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)

Acara YIS Olympic Day 2024 kemudian diakhiri dengan diumumkan juara umum oleh Pak Dindit, yakni Tim Passion sebagai juara pertama, yang kemudian disusul dengan penyerahan trophy bagi masing-masing tim oleh Pak Dindit. Seru sekali bukan acara YIS Olympic Day 2024 ini?

Tim Red keluar sebagai Juara Umum pada YIS Olympic Day 2024 (Istimewa)

Selayang Pandang tentang YIS, Yogyakarta Independent School

YIS berdiri sejak tahun 1989 menjadi salah satu sekolah unggulan di Yogyakarta. YIS menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Kurikulum IB dirancang untuk mempersiapkan siswa menemukan tempat dan keunggulan mereka di dunia dan berfokus pada pendidikan berbasis inkuiri yang mempersiapkan siswa untuk sukses dengan mengajar mereka untuk berpikir kritis dan mandiri.

YIS mendidik dan menginspirasi para siswanya untuk menjadi pribadi yang independen, pemikir kritis, dan menjadi warga global yang peduli. YIS menjadi satu-satunya sekolah di Yogyakarta yang secara resmi menawarkan rangkaian lengkap pendidikan IB bagi anak-anak dari usia 3 tahun sampai 18 tahun. YIS menawarkan program Primary Years Programme (PYP) atau setingkat PAUD-SD, Middle Years Programme (MYP) atau setingkat SMP, serta Diploma Programme (DP) atau setingkat SMA. Ijazah yang diterbitkan oleh YIS berlaku untuk melanjutkan pendidikan di berbagai sekolah internasional lain di Indonesia dan juga berlaku pada berbagai universitas di seluruh dunia.

YIS telah memiliki ijin operasional yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, serta telah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional.

Jika Anda ingin berkunjung atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai YIS, silakan saja menghubungi Yogyakarta Independent School (YIS) melalui surel di info@yis-edu.org atau melalui telepon di nomor +62 274 5305147 atau WhatsApp +628112632442 atau melalui alamat surat P.O. Box 1175/YKBB Yogyakarta. Anda juga bisa mengikuti sosial media YIS di Instagram @yogyakartaindependentschool atau melalui laman www.yis-edu.org .

 

Yogyakarta Independent School. Aim High, Be Relevant, Make a Difference!

 

Instagram YIS : @yogyakartaindependentschool
Linktree           : @yisibschool

Website YIS    : Yogyakarta Independent School

Website IB       : International Baccalaureate


Galeri YIS Olympic Day 2024 dari Tim Dokumentasi:













Posting Komentar untuk "Meriahnya YIS Olympic Day 2024"