Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alan Efendhi, Aloe Vera, dan Anugerah SATU Indonesia Awards dari Astra International

 

Materi promosi acara Roadshow Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2024 di Solo
(Istimewa)

Rabu, 14 Agustus 2024, saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah acara yang sangat valuable bagi anak muda Indonesia. Tersebutlah sebuah program penghargaan dari PT Astra International Tbk untuk pewarta dan penghobi foto, yang bertajuk Lomba Foto Astra 2024 dan Anugerah Pewarta Astra 2024, yang kali ini mengadakan roadshow sebagai bagian dari promosi acara supaya program penghargaan ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan juga dikenal dari kalangan jurnalis media massa. Dan kali ini, Roadshow Lomba Foto Astra 2024 dan Anugerah Pewarta Astra 2024 ini diadakan di Solo, berlokasi di Studio Lokananta, pada hari Rabu, 14 Agustus 2024.

Acara Roadshow Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2024 di Solo yang meriah ini dipandu oleh Ecca Sekar selaku pewara dan Eneastiti sebagai moderator, dengan menghadirkan tiga pembicara yang inspiratif. Yang adalah Windy Ariestanty, seorang penulis dan founder event Patjarmerah yang pernah menjadi dewan juri pada Anugerah Pewarta Astra musim sebelumnya; Boy T Harjanto, seorang fotografer jurnalistik professional; dan seorang wirausahawan muda Alan Efendhi, yang merupakan penerima penghargaan Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan; yang ketiganya adalah pembicara pada acara tersebut. Saya sendiri dapat menghadiri acara ini, atas undangan dari Komunitas Digital Content Creators (DCC) Indonesia dan media Solopos Media Group. Sebagai pemberi sambutan, juga hadir Ibu Rini Yustriningsih dari Solopos Media Group, Ibu Putri dan Bapak Brian dari Astra International, serta Bapak Topo dari Astra Solo Raya.

Seluruh narasumber, berfoto bersama pada acara Roadshow Lomba Foto dan
Anugerah Pewarta Astra 2024 di Solo (Pribadi)

Kak Windy dan Pak Boy membagikan tips and trick bagi para digital content creator dan jurnalis yang hadir pada acara ini, supaya tetap konsisten dan menemukan niche yang tepat, sehingga bisa menghasilkan karya content digital yang berdampak secara positif bagi viewers. Salah satunya adalah dengan tetap mau belajar, dan “mengosongkan gelas” setiap kali akan menciptakan sebuah karya content digital, baik itu secara audio, visual, maupun audio visual, apapun platform yang digunakan, baik itu blog, Instagram, Tiktok, Youtube, dan sebagainya. Ibu Putri dari Astra International membagikan informasi mengenai program Lomba Foto Astra 2024 dan Anugerah Pewarta Astra 2024, yang kali ini mengangkat tema #BersamaBerkaryaBerkelanjutan #KitaSATUIndonesia yang dapat diikuti oleh para digital content creator dan jurnalis di seluruh Indonesia.

Alan Efendhi, sang Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan

Saya dan beberapa sahabat, berfoto bersama dengan kak Alan Efendhi, Penerima SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan, pada acara Roadshow Lomba Foto dan
Anugerah Pewarta Astra 2024 di Solo 
(Pribadi)

Tersebutlah seorang pemuda yang berasal dari daerah Nglipar, Gunungkidul, sebuah daerah yang mempunyai kondisi geografis yang cenderung kering, bernama Alan Efendhi, yang berhasil mengubah wajah masyarakat di sekitarnya yang tadinya kurang mampu secara ekonomi, namun pelan tapi pasti, dia mengajak masyarakat di sekitarnya untuk bersama-sama mulai bergerak menuju kondisi ekonomi yang jauh lebih baik. Semuanya itu berkat kegigihannya dalam membudidayakan tanaman lidah buaya (maaf, bukan lidah buaya darat seperti saya ya), yang dia kembangkan untuk lebih bernilai secara ekonomi. Tanaman lidah buaya ini yang lebih dikenal oleh generasi milenial dan Gen Z dengan sebutan Aloe vera. Dia mulai mendirikan wirausaha ini dengan jenama Mount Vera Sejati Agrotech, pada tahun 2014. Pada saat itu dia  baru saja resign dari pekerjaannya sebagai seorang karyawan di ibukota Jakarta.

Sebelumnya, kak Alan sudah mencoba menanam lahan yang dimiliki oleh orang tuanya dengan beberapa komoditas tanaman -yang menurut riset yang dia lakukan sendiri dari berbagai referensi- bahwa akan cocok dengan lahan kering berkapur di Gunungkidul, yakni buah anggur, pepaya California dan buah naga. Namun, nasib berkata lain, rupanya semua komoditas yang dia coba tersebut, gagal. Semuanya gagal. Kemudian dia mulai menanam Aloe vera, satu komoditas terakhir yang dia temukan pada risetnya tersebut. Gambling. Kemudian dengan dibantu oleh kedua orangtuanya, kak Alan mulai mengelola lahan yang ada tersebut, untuk ditanami bibit Aloe vera spesies Aloe barbadensis miller dan Aloe perryl baker.

Saya saat berkunjung ke Mount Vera Sejati Agroland, binaan kak Alan Efendhi,
Penerima SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan (Pribadi)


Dia sendiri merasa lebih yakin untuk menanam Aloe vera, karena Aloe vera sendiri mempunyai banyak kelebihan. Di antaranya Aloe vera digunakan di berbagai bidang seperti pada industri kosmetik dan skincare yang sedang heboh akhir-akhir ini; juga pada industri farmasi; juga pada industri pertanian, Aloe vera dapat bermanfaat sebagai bahan pembuatan pupuk organik; serta di bidang kuliner, rupanya Aloe vera juga dapat diolah menjadi beragam produk kuliner.

Saya saat berkunjung ke Mount Vera Sejati Agroland, binaan kak Alan Efendhi,
Penerima SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan (Pribadi)

Selain itu, menurut kak Alan, perawatan Aloe vera ini lebih mudah jika dibandingkan dengan tiga komoditas lainnya yang pernah dia coba. Lebih bandel dan tahan banting. Dengan masa tanam satu tahun, yang dimulai dari menanam sampai panen, Aloe vera dinilai lebih singkat dalam masa penanamannya. Sehingga, dia pun mulai yakin dan mantap untuk memulai bisnis wirausaha Aloe vera yang dia sebut dengan berdampak dengan produk segar, nikmat dan menyehatkan.

Tak hanya menanam, dia pun mulai berproses secara kreatif untuk meningkatkan nilai ekonomi dari hasil panen Aloe vera tersebut yang kemudian menghasilkan berbagai produk olahan seperti manisan, puding, keripik, dan sebagainya. Selain itu, Aloe vera dari Mount Vera Agrotech ini juga didistribusikan untuk produksi kosmetik dan skincare, dengan adanya satu konsumen tetap yang berasal dari produsen kosmetik ternama di Indonesia.

Saya saat berkunjung ke Mount Vera Sejati Agroland, binaan kak Alan Efendhi,
Penerima SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan,
dengan menyaksikan proses produksi minuman Aloe vera. (Pribadi)


Seiring waktu, order untuk Aloe vera mulai berdatangan dan ramai. Dia pun kemudian mulai memberdayakan tetangga untuk menanam Aloe vera juga. Perjuangannya tidak mudah untuk meyakinkan tetangganya. Dimulai dengan memberikan bibit gratis. Pelan-pelan, tetangga-tetangganya pun mulai percaya untuk kemudian hampir semua tetangga di sekitar rumahnya, menjadi mitra pensuplai Aloe vera untuk produknya.

Pada tahun 2021, kak Alan mendaftarkan diri pada ajang SATU Indonesia Awards persembahan Astra International. Namun sayangnya, dia tidak lolos. Dengan berbagai pengalamannya yang aktif dan rajin mencari inspirasi dari sesama wirausahawan, dan juga dari hobinya yang gemar berkomunitas dengan sesama wirausahawan, dia pun memberanikan diri untuk mendaftarkan diri lagi pada ajang SATU Indonesia Awards 2023, dengan melakukan perbaikan pada narasi yang dia tulis. Nasib baik kali ini berpihak kepadanya, sehingga dia berhasil meraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 untuk Bidang Kewirausahaan, dengan produk minuman Aloe vera yang dia lakukan inovasi dengan menggunakan pemanis dari Stevia, sebagai branding position dan value lebih yang dia tawarkan. Produk minuman Aloe vera dengan pemanis dari Stevia, mempunyai kelebihan sebagai produk yang segar, namun tetap bermanfaat, serta lebih sehat karena tidak meningkatkan risiko terkena Diabetes Melitus pada konsumennya.

Saya saat berkunjung ke Mount Vera Sejati Agroland, binaan kak Alan Efendhi,
Penerima SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan,
saat menikmati minuman Aloe vera. (Pribadi)


Kak Alan menambahkan bahwa sebelum mencapai titik yang sekarang, dia pernah mengalami jungkir balik sebagai seorang wirausahawan. Dimulai saat memulai berwirausaha pada tahun 2014, dia pernah mengalami kerugian, pernah juga mengalami produk yang dia jual harus retur karena tidak tahan lama. Dia juga pernah merasakan ditolak oleh konsumen karena Aloe vera yang ditanam, tidak sesuai standar yang disepakati bersama oleh kedua belah pihak.

Pada tahun 2018, dia mulai bergerak keluar, bak katak keluar dari tempurung, dia ikut berbagai komunitas, memperluas circle pertemanan sesama pengusaha, dan memperbaiki kualitas produknya, supaya produknya bisa lebih berkualitas dan tahan lama. Pada saat pandemi Covid 19, dia justru mendapatkan banyak pesanan minuman Aloe vera, karena minuman Aloe vera ini dipercaya kaya akan manfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Akan tetapi untuk distribusi produknya terhambat karena pembatasan aktivitas pada saat itu.

Kak Alan kemudian berinisiatif untuk menyebarkan semangat positif dan menginspirasi untuk memberdayakan anak muda di sekitarnya, dengan mendirikan Komunitas Aloe Land yang berlokasi di Mount Vera Sejati Agroland, Gunungkidul, pada tahun 2018. Dia mendirikan komunitas tersebut untuk mengajak anak muda di sekitarnya untuk belajar berwirausaha. Tidak hanya berwirausaha dalam budidaya Aloe vera saja, namun juga belajar wirausaha komoditas lain. Karena dia yakin bahwa untuk meningkatkan dan memperbaiki kondisi ekonomi, anak muda dapat menjadi wirausaha, dan setiap anak muda mempunyai kesempatan yang sama dalam berwirausaha, sehingga dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat. Dia mempunyai prinsip bahwa sebaik-sebaik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan semua inspirasi yang dia bagikan ini, pada akhirnya mengantarkan dia menjadi Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023 Bidang Kewirausahaan. Satu hal yang saya ingat dari kak Alan adalah, jangan pernah berhenti belajar, dan tetap rendah hati. Stay hungry, and stay foolish.

Sekilas tentang Lomba Foto Astra 2024 dan Anugerah Pewarta Astra 2024


Astra kembali menggelar Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024. Periode pendaftaran karya, resmi dibuka mulai 10 Juni hingga 10 November 2024 mendatang. Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024 mengangkat tema “Bersama, Berkarya, dan Berkelanjutan” yang dapat menjadi acuan bagi para pendaftar khususnya para pencinta fotografi serta karya tulis untuk mengikuti Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024. Tahun ini, Lomba Foto Astra memasuki pelaksanaan tahun ke-16, sementara Anugerah Pewarta Astra memasuki pelaksanaan tahun ke-10. Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024 masing-masing dibuka untuk dua kategori yaitu kategori wartawan dan kategori umum sehingga bisa diikuti oleh masyarakat luas.

Adapun foto-foto yang dapat didaftarkan dalam Lomba Foto Astra 2024 adalah beragam potret karya, objek, atau kegiatan yang menggambarkan tentang kontribusi positif masyarakat yang telah bersama-sama berkarya untuk saat ini dan masa mendatang. Sementara itu, tulisan-tulisan yang bisa diikutsertakan untuk mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2024 adalah yang menceritakan kisah inspiratif tentang karya berkelanjutan dari para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards, penggerak Kampung Berseri Astra, atau penggerak Desa Sejahtera Astra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024 menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang dari masing-masing kategori, yaitu:

Juara 1: 4 Honda Em1 e: PLUS dan Sena Intercom Mesh 50R

Juara 2: 4 Honda ADV 160 CBS

Juara 3: 4 Honda Scoopy Prestige

Juara Harapan: 12 Insta360 Ace

Juara Favorit: 60 Wireless Earbuds Jabra Elite 4

Hadiah Hiburan Bulanan: 20 Smart Watch

 Beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024 di antaranya:

Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI),

Karya yang diikutsertakan adalah milik sendiri, dan hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA. Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.astra.co.id

Semangat Astra dalam mendukung karya anak bangsa melalui Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2024 untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications
PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888

 

 Tentang Astra:

Astra adalah salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia, yang terdiri dari 286 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung lebih dari 200.000 karyawan. Model bisnis perusahaan yang terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri termasuk Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram @satu_indonesia, TikTok @satu_indonesia, YouTube SATU Indonesia, X (Twitter) @satu_indonesia, LinkedIn PT Astra International Tbk, dan Facebook Semangat Astra Terpadu.






Posting Komentar untuk "Alan Efendhi, Aloe Vera, dan Anugerah SATU Indonesia Awards dari Astra International"